Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun, Inspirasi Melestarikan Tradisi Lewat Cita Rasa Betawi Bersama Shopee


Kue akar kelapa, salah satu penganan tradisional andalan dari UMKM lokal “Oleh-oleh Jakarta Mpok Mumun”. | Foto: Shopee Indonesia

Pada 22 Juni lalu Kota Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-498.

Di tahun 2025 ini, semangat melestarikan budaya Betawi tak hanya dapat diwujudkan lewat pertunjukan seni dan tradisi lainnya, tetapi juga melalui produk lokal yang mengangkat kekayaan rasa dan warisan budaya kuliner.

Salah satunya dilakukan oleh merek produk lokal yang dinamai Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun. Produk UMKM ini bukan sekadar oleh-oleh biasa, namun di baliknya tersimpan cerita panjang tentang tradisi, identitas, dan cinta terhadap tanah kelahiran.

BACA JUGA: Makan Siang Nikmat Segar dengan Semangkuk Sayur Asem Khas Betawi, Ini Rekomendasi Kedai Sayur Asem yang Wajib Dikunjungi!

Memulai usaha di usia 60 tahun, Maemunah atau yang akrab disapa Mpok Mumun justru memulai babak baru dalam hidupnya. Ia menyulap kembali cita rasa Betawi dengan sentuhan modern dan semangat digital.

Sebagai pemilik usaha Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun, Mpok Mumun mengatakan, bisnis ini lahir dari pengamatan dan cerita anaknya yang bekerja di industri penerbangan.

Setiap kali sang anak bepergian ke luar kota maupun luar negeri, teman-temannya selalu bertanya, “Oleh-oleh dari Jakarta apa, sih? Ada enggak oleh-oleh khas Jakarta?”

“Nah, dari situlah saya mulai berpikir, kayaknya ini bisa jadi peluang yang menarik, deh,” ujar Mpok Mumun.

Benar saja, pertanyaan itu menjadi panggilan sekaligus semangat bagi Mpok Mumun untuk melestarikan kekayaan kuliner Betawi lewat camilan khas yang dikemas secara modern.

“Memang, sih, usaha saya ini baru berdiri sejak 2022. Tapi alhamdulillah, sampai hari ini kami masih terus eksis dan mendapatkan tempat di hati banyak orang. Dari kalangan pejabat, karyawan swasta, juga masyarakat umum yang ingin membawa pulang cita rasa Jakarta untuk keluarga di kota tujuan,” imbuh Mpok Mumun.

Maemunah, yang akrab disapa Mpok Mumun, memulai usahanya di usia 60 tahun dan sukses mengembangkan merek dagang Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun. | Foto: Shopee Indonesia
Bisnis Berlatar Budaya: Kemasan Ikonik Jakarta dan Rasa Otentik Khas Betawi

Perjalanan bisnis memang tak selalu mulus. Tantangan terbesar datang dari keterbatasan modal. Mpok Mumun membangun usaha ini murni dari tabungan pribadi, tanpa dukungan pinjaman perbankan maupun pihak ketiga.

Apalagi ini merupakan usaha ketiganya, setelah dua usaha sebelumnya mengalami kegagalan dan penurunan omzet yang signifikan.

Belajar dari pengalaman dan dua kali kegagalan, pada usahanya kali ini Mpok Mumun tidak lagi main-main.

Ia menerapkan strategi diferensiasi produk serta aktif melakukan riset dan pengembangan. Termasuk dari sisi kemasan hingga pemanfaatan platform digital Shopee, untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Ia pun mulai membuat berbagai varian camilan tradisional Betawi yang menjadi andalan usahanya ini. Seperti Dodol Betawi, Bir Pletok, Akar Kelapa, Biji Ketapang, hingga Roti Gambang.

Di antara semua produk yang dibuatnya, Dodol Betawi menjadi produk andalan yang paling banyak terjual di marketplace Shopee.

Resep yang ia gunakan merupakan warisan turun-temurun dari leluhur, yang dulu biasa disajikan dalam berbagai acara keluarga dan hajatan.

Tak heran jika camilan Dodol Betawi mampu bertahan melintasi berbagai generasi dan tetap relevan hingga kini.

Bahkan, untuk memperkuat identitas budaya Betawi, kemasan produk Mpok Mumun pun dirancang dengan elemen khas kota Jakarta, seperti ilustrasi Monas, Lapangan GBK, dan ikon-ikon kota Jakarta lainnya yang memang menarik.

Mpok Mumun mulai berkolaborasi bersama Shopee sejak November 2022. Keputusan berkolaborasi ini tentu bukan tanpa alasan.

Berdasarkan riset internal yang ia lakukan, Shopee tercatat sebagai marketplace dengan angka kunjungan dan trafik konsumen tertinggi.

Data tersebut terbukti akurat. Sejak bergabung dengan Shopee, lebih dari 80 persen omzet penjualan Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun berasal dari Shopee.

“Kami sangat bersyukur, perjalanan usaha bersama Shopee yang dilengkapi fitur Shopee Live, Shopee Video dan Shopee Affiliate menjadi salah satu tonggak penting dalam pertumbuhan usaha kami. Hal ini membuktikan bahwa pelestarian budaya lokal bisa berjalan seiring dengan adaptasi teknologi digital,” kata Mpok Mumun.

Kendati berawal dengan belajar secara otodidak melalui YouTube, Mpok Mumun tidak pernah menyerah untuk terus belajar cara efektif berjualan melalui platform digital bersama komunitas UMKM Jakarta.

Hasilnya, angka penjualan meningkat pesat. Jumlah karyawan bertambah dari yang awalnya hanya dua orang kini sudah menjadi delapan orang karyawan, serta sukses membuka toko fisik di Jakarta.

Bahkan konsumennya tidak hanya datang dari seputaran Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga dari berbagai kota di Indonesia.

Beberapa di antaranya bahkan kini menjadi pelanggan setia, serta ada yang ikut menjadi reseller produk-produk Mpok Mumun.

Tak berhenti sampai di situ, saat ini Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun sedang mengikuti pelatihan ekspor melalui program Shopee Seller Ekspor.

Dengan kemasan menarik yang menampilkan ikon Kota Jakarta, produk makanan khas Betawi dari “Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun” memiliki daya tarik tersendiri. | Foto: Shopee Indonesia
Rayakan HUT Jakarta ke-498, Hadirkan “Rasa Jakarta, Cerita Kita”

Merayakan hari spesial Kota Jakarta, Mpok Mumun juga mempersembahkan sesuatu yang lebih dari sekadar oleh-oleh.

Sebagai bentuk cintanya terhadap kota kelahirannya, Mpok Mumun tengah menyiapkan peluncuran produk baru, yakni Kue Gambang edisi khusus HUT Jakarta, dengan tagline penuh makna “Rasa Jakarta, Cerita Kita.”

Lebih dari camilan biasa, varian terbaru ini dihadirkan sebagai simbol bahwa kuliner Betawi masih tetap eksis dan akan terus hidup bersama mereka yang peduli akan warisan budaya kuliner ini.

Dikenal sebagai salah satu kue tradisional yang hampir punah, Kue Gambang diangkat kembali oleh Mpok Mumun dengan kemasan modern yang menarik, namun tetap menjaga keaslian cita rasa dan kekayaan cerita budaya di balik pembuatan kuenya.

Menjelang usia Jakarta yang hampir lima abad, Mpok Mumun pun turut menyuarakan harapan besar bagi kota yang telah membesarkannya.

“Semoga Jakarta semakin ramah terhadap UMKM lokal. Kota ini adalah rumah bagi banyak pelaku usaha kecil yang bertumbuh menjadi besar. Tempat untuk bermimpi dan mewujudkan usaha dari nol.”

BACA JUGA: Berburu Batagor Enak di Bandung, Sudah Tahukah Sejarah Batagor yang Kini Jadi Jajanan Ikonik Kota Kembang?

Selain itu, tambahnya, “Untuk para generasi muda, kalian adalah penerus budaya. Jangan hanya menjadi penikmat, tapi kenalilah, cintailah, dan lestarikan warisan kuliner lokal kita. Jadilah penjaga dan penggeraknya,” tutup Mpok Mumun.

Untuk mengetahui lebih lanjut ragam produk dari Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun, peminat dapat mengakses https://shopee.co.id/oleholehjakarta.id

Demi mendukung pertumbuhan merek dagang lokal dan UMKM, Shopee juga memiliki kanal Shopee Pilih Lokal, yang didedikasikan sebagai wadah kurasi khusus bagi produk lokal berkualitas, dengan penawaran khusus bagi pembeli produk lokal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *